Sabtu, 30 Mei 2009

Disiplin Apaan sih?

Disiplin bagi peserta didik adalah hal yang rumit untuk di pelajari sebab di siplin merupakan hal yang kompleks dan banyak kaitannya yaitu berkait antara pengetahuan, sikap dan perilaku. Kebenaran, kejujuran tanggung jawab, kebebasan, rasa kasih sayang, tolong menolong, dan sebagainya adalah beberapa aturan di siplin kemasyarakatan yagn harus di pelajari / di ketahui, disikapi, dan di tegakkan oleh para siswa. Peserta didik belajar beberapa hal dengan cara mendengarkan misalnya, tetapi mereka lebih suka mengingat dan bertindak dengan kata – kata dan gagasan mereka sendiri. Dari sini peserta didik akan belajar lebih cepat apabila mereka terlibat dalam menyusun tata tertip mereka itu. Walaupun demikian, guru harus mengarahkan dan menetukan tindakan – tindakan apa yang akan di ambil bila tata tertip di langgar sehingga di siplin tetap dapat di tegakkan.

Terpeliharanya di siplin tidak lepas dari terpenuhinya kepentingan atau kebutuhan para pihak. Peserta didik memiliki banyak kepentingan, guru memiliki banyak kepentingan, demikian pula sekolah. Permasalahannya adalah bagaimana kepentingan – kepentingan dari masing – masing pihak dapat terpenuhi dan dapat dii selaraskan agar tidak jadi bentrokan.Tidak terpenuhi kepentingan / kebutuhan oleh para pihak akan timbul gangguan yang mengganggu tatanan hidup dalam berinteraksi atau dalam berproses misalnya, dalam proses pembelajaran. Di samping itu, para guru sekolah perlu mencermati kepentingan / kebutuhan dalam memahami sumber – sumber pelanggaran disiplin. Dengan di ketahuinya sumber gangguna disiplion maka akan diketahui pula secara teroritis cara penanggulangan.

Disiplin yang baik adalah terjelmanya aktivitas yang mampu mengatur diri kepada terciptanya pribadi dan potensi social berdasar pengalaman – pengalamannya sendiri. Pemeliharaan disiplin dewasa ini pada dasarnya adalah bagai mana membantu anak mengembangkan disiplin dan menerima pusat pengendalian disiplin.
Bab yang membicarakan prinsip – prinsip disiplin kelas ini, akanmengulas pengertian disiplin; hak, kebutuhan para siswa dan tampilan guru hubungannya dengan disiplin; disiplin pada leyel sekolah dan kelas; membina hubungan seklah dengan masyarakat; sumber pelanggaran disiplin sekolah; serta peraturan dan tata tertib kelas. Dalam hal ini perlu diingat bahwa (1) di siplin di pertimbangkan sebagai kecendrungan dari para peserta didik menyetujui harapan para guru, (2) disiplin merupakan alat bantu menumbuhkan gagasan mukhtahir dan seleksi praktik – praktik baru, dan (3) pelayanan yang lanyak cenderung menumbuhkan kualitas disiplin.

Disiplin mencakup setiap macam pengaruh yang di tnjukan untuk membantu peserta didik. Dengan disiplin, mereka dapat memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan

Diamping itu, disiplin juga penting sebagai cara dalam menyelesaikan tuntutan yang mungkin ingin di tunjukan peserta didik terhadap lingkungannya.
Disiplin muncul dari kebutuhan untuk mengadakan keseikmbangan antara apa yang ingin dilakukan oleh individu dengan individu yang lain. Keseimbangn tersebut di penuhi sampai batas – batas tertentu. Pemenuhan keseimbangan itu diusahakan sesuai kamampuan yang di milikinya tanpa melanggar hak – hak orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar